SELAMAT DATANG DI ZA BLOG

Rabu, 11 Maret 2009

Disanalah Negeri Ku


Setiap massa dalam sejarah peradaban kehidupan manusia di dunia. Selalu berubah seiring dengan waktu, ruang dan materi yang ada. setiap manusia s’lalu ada, dimana ketiga ada daratan disitulah mereka berdiam dan menjalani kehidupannya. Manusia selalu memiliki keunikan tersendiri sendiri yang disebut bangsa.

Kini ada sebuah pulau yang terletak dimana ada dua fasifik dan dua bedua yang menyelimuti seolah terlihat bayang bayang disana. Pualu tersebut juga mempunyai sebuah nama yang cantik ketiga orang mendengarnya dan tak cukup hanya mendengar, tetapi mereka selalu penasaran untuk melihatnya dan Dia mempunyai nama papua. Papua adalah sebuah pulau yang terbentuk seperti seekor burung yang dimiliki oleh daratan papua itu sendiri. Seekor burung yang sangat besar dianta bangsanya, yang merupakan bagian hiasan rumah halaman dan namanya kasuari. Namun tidak hanya itu, tetapi juga mempunyai sebuah bangsa manusia yang telah mendiami dan tinggal menjalani kehidupan dengan berabab abab tahun lamanya. Mereka ini yang disebut bangsa Melanesia, yang memiliki keunikan tersendiri atau berbeda dengan bangsa bangsa lain didunia. Berkuit coklat,hitam,dan berrambut kriting merupakan ciri khas yang dimilikinya. Mereka selalu berada disetiap lembah, gunung,tepi pantai dan seluruh daratan pulau ini. Kehidupan mereka pun sangat beraneka ragam sesuai dengan kondisi dan keadaan masing masing yang terdapat atau sesuai dengan lingkungan yang ada. Mereka selalu hidup bebas dimana mana saja ibarat burung yang trbang kesana dan kesini. Seperti kita ketahui hukum manusia alam.

Hak mutlak kebebasan setiap bangsa merupakan bagian dari cita cita kehidupan setiap bangsa didunia, dan Hak hidup setiap manusia merupakan bagian dari kebebasan setiap manusia untuk meilikinya. Akankah bangsa papua pun patut menerima dan memiliki hal yang sama selayaknya seperti bangsa lain, yang ada dunia. Namun nyatanya kehidupan bangsa ini dilanda berbagai dilema kehidupan yang sedang diperhapkan dan dialami. Seribu satu pertayaan selalu muncul disetiap rumpun muda yang mengerti dan memahami akan hal itu. Bertanya dan berpikir merupakan bagian dari kehidupan mereka disetiap langkah hidupnya. Hanya demi mengapai sebuah impian dan cita cita yang masih bayang baying, Dan impian itu adalah sebuah kebebasan. Kebebasan merupakan hak setiap bangsa yang memang benar benar bebas dari selaga aspek kehidupan manusia dan menjadikan sebuah bangsa yang diakui jati dirinya, oleh bangsa lain di mata dunia internasional. Bahwa itu adalah bangsa Melanesia dari papua.

Bukan saja hanya sekedar diakui, tetapi harus mengakui bahwa bangsa papua juga mempunyai harkat dan martabat diri sama seperti bangsa lain didunia dan dimuka bumi ini. Oleh karana itu kehadiran bangsa papua ditenggah tenggah dunia ini, mempunyai hak yang sama seperti bangsa yang lain.

By

N3n Chez M. Hegemur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar